*****Mau pasang iklan? hubungi kami!*****

Cari Di Blog Ini

Selasa, 30 November 2010

Bagaimana Candi Borobudur dibangun?

Bukit dibawah candi.
Candi Borobudur merupakan salah satu bangunan bersejarah paling berpengaruh bagi dunia di Indonesia. Candi ini masih menyimpan banyak misteri untuk di pecahkan oleh para ahli. Diluar itu, para ahli sudah mengetahui bagaimana candi ini dibangun.


Candi Borobudur dibangun dibawah seorang ahli bangunan pada masa itu yaitu Mpu Gunadharma. Sebenarnya Mpu Gunadharma tidak bekerja sendiri. Setelah membuat perancangan atas Candi Borobudur, Mpu Gunadharma meminta bantuan dari Mpu - Mpu lain yang ahli dibidang yang dibutuhkan untuk membangun candi ini, yaitu perbatuan, perpatungan & ukiran, pertanahan, pengukuran, dan bangunan & pertukangan. Hanya saja sejarah hanya memiliki catatan dengan nama Mpu Gunadharma seorang. 


Candi Borobudur dibangun diatas bukit kecil, sehingga tidak semua bangunan ini dari tumpukan batu - batuan. Bukit ini dibuat berundak - berundak baru kemudian diletakkan batu diatasnya membentuk candi. Perlu diketahui bahwa batuan yang ditumpuk diatas bukit tidak menggunakan bahan perekat apapun. Batuan di tumpuk menggunakan sistem kunci seperti gambar di bawah ini. 


 ~ Dari berbagai sumber ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar